MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Standar

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

            Manusia itu merupakan makhluk sosial yang memiliki akal pikiran dan kreativitas yang tinggi, kita diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya . Manusia hidup dengan berinteraksi dengan sesamanya dan lingkungan sekitar, nah dalam interaksi itulah yang dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan suatu kebiasaan dalam lingkungan masyarakat yang kemudian diturunkan kepada masyarakat lainnya yang disebut dengan “kebudayaan” .

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Jika kita pikirkan tentunya perbedaan kebudayaan ini sangatlah wajar, karena perbedaan yang dimiliki oleh faktor alam, manusia itu sendiri, dan berbagai faktor lainnya yang menyebabkan berbagai corak kebudayaan tersebut.

Semestinya kita sebagai generasi muda bisa melestarkian kebudayaan yang kita miliki tetapi kenyataannya yang terjadi malah sebaliknya, lihat saja bagaimana sekarang cara berpakaian kaum muda jaman sekarang, sungguh jauh dari kebudayaan kita sendiri. Hal itu disebabkan masuknya budaya asing dikalangan masyarakat dengan menyerap kebudayaan asing tanpa memilah-milah mana yang baik dan buruk . Masuknya budaya barat sangat meresahkan bahkan bukan Cuma cara berpakaian yang berubah tetapi cara berpikir, bergaul, pola makan, dan cara hidup-pun banyak mengalami perubahan.

Sungguh ironis, semoga kita sebagai mahasiswa yang berilmu tidak ikut ikutan terjerumus dalam pola hidup bangsa barat, dan terus melestarikan serta mempelajari kebudayaan-kebudayaan nenek moyang kita agar terjaga keasliannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s