Manusia dan Penderitaan

Standar

Manusia dan Penderitaan

                Penderitaan itu menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan . Penderitaan ada yang ringan, sedang, bahkan sulit nah kalau kita ga kuat dalam menghadapi penderitaan pasti akan terasa berat dalam menjalaninya. Setelah terjadi penderitaan ada kekalutan mental yang berarti penderitaan batin atau gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi.

Orang yang mengalami penderitaan akan memperoleh pengaruh sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapt berupa sikap positif ataupun negativ. Sikap negativ misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, bahkan ingin bunuh diri. Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan.

Kebanyakan manusia pasti mengeluh jika sedang mengalami penderitaan, padahal jika kita berpikiran positif serta tenang dalam menghadpinya insyaalloh penderitaan tersebut akan terasa ringan. Sebagai manusia yang beriman kita juga harus selalu berserah dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT, berserah bukan berarti melimpahkan semua penderitann kepada-Nya tetapi berserah untuk meminta bantuan-Nya dan selalu berusaha untuk mengatasi segala penderitaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s