Status Sosial

Standar

Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah.

Perbedaan status sosial terjadi karena beberapa faktor , diantaranya adalah pendidikan ,pendapatan , kesehatan dan masih banyak lagi. Orang yang memiliki pendidikan tinggi jelas memiliki status sosial yang tinggi pula. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan karena pendidikan yang tinggi ,ini berbeda dengan orang yang memiliki pendidikan rendah mereka akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan- perusahaan besar.

Memiliki pendapatan yang besar juga mempengaruhi status sosial seseorang . Seseorang yang berpenghasilan tinggi akan lebih mudah membeli kebutuhan yang mereka butuhkan , berbeda dengan mereka yang berpenghasilan sedikit jelas akan lebih susah memnuhi kebutuhan hidup. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan status sosial dimasyarakat , alangkah bijaknya jika kita sebagai pemuda – pemudi yang memiliki pendidikan tinggi tidak membeda-bedakan status sosial seseorang , karena kesuksesan seseorang tidak hanya dilihat dari status sosial yang tinggi tetapi dari kepribadian dan kualitas individu masing-masing.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Status_sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s