Sejarah Universitas Gunadarma

Standar

Saya akan menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya Universitas Gunadarma. Info ini saya dapatkan dari berbagai sumber salah satunya dari website resmi Universitas Gunadarma. Gunadarma pertama kali berdiri pada tanggal 7 Agustus 1981 dengan nama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK). Pada saat itu, PPIK (Gunadarma) hanya memiliki 91 orang mahasiswa. Melalui asuhan Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan ini berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI). Sejak saat itu, kegiatan belajar mengajar mengacu pada pendidikan ilmu komputer dan matematika. Pada tanggal 9 Juli 1984, Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika) diganti menjadi Yayasan Pendidikan Gunadarma.

Sehari kemudian, tanggal 10 Juli 1984, melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan ke dalam sekolah tinggi menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam program pendidikannya, maka pada tanggal 5 Oktober 1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). Bersama status itu, sdekolah tinggi ini mengasuh dua jurusan, yaitu Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK). Dengan perkembangan yang terus meningkat, STMIK Gunadarma membuka jurusan baru, yaitu Teknik Informatika. Dengan program pendidikan yang terus berlangsung, pada tanggal 13 Januari 1990, Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) dengan jurusan Manajemen dan Akuntansi.

Program pendidikan yang teratur dan mahasiswa yang terdidik, menjadikan Gunadarma yang berhasil dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma pada tanggal 3 April 1996. Di bawah naungannya, terdapat sejumlah Fakultas dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Demikianlah sejarah singkat berdirinya Universitas Gunadarma , semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca dan bisa dijadikan refrensi dalam memilih universitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s