Tugas kedua : Etika Utilitirian

Standar

1. Contoh kasus : Contoh kegiatan bisnis yang terdapat disekitar lingkungan rumah saya salah satunya adalah bisnis ritel yaitu Alfamart. Alfamart merupakan salah satu contoh bisnis ritel yang banyak diminati sekarang ini , buktinya dilingkungan rumah saya saja terdapat sekitar 2 alfamart , itu menandakan bahwa Alfamart membawa pengaruh positif dan manfaat bagi masyarakat untuk berbelanja  memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Teori : Etika utilitirian merupakan suatu ide atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar. Teori ini mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

3. Analisis kasus : Dikatakan dalam teori etika utilitirian bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya. Menurut saya, dengan berdirinya alfamart sangat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan pokoknya khususnya konsumen yang tidak sempat atau tidak suka berbelanja di pasar. Mereka cendrung lebih suka berbelanja di tempat yang bersih dan nyaman seperti alfamart. Contohnya saya , sebagai mahasiswa saya cendrung lebih suka berbelanja di Alfamart karena memiliki fasilitas dan pelayanan yang baik. Hal itu membuktikan bahwa dengan adanya alfamart dapat memberikan manfaat yang positif bagi sebagaian konsumen atau masyarakat sekitar, karena suatu bisnis tidak dapat berdiri sendiri dan karena itu para pebisnis harus pintar dalam menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar . Dengan menerapkan prinsip tersebut kegiatan bisnis dapat berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh masyarakat sekitar.

4. Refrensi: Teori dari penulisan ini saya ambil dari  http://wardoyo.staff.gunadarma.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s