TUGAS Ke-4 Konflik

Standar

TUGAS Ke-4 Konflik

  1. Kasus :

Kasus ini merupakan pengalaman pribadi saya , waktu itu saya ingin makan siang dan berencana memesan (delivery) makanan cepat saji di M*D dengan menggunakan telepon karena kebetulan saya sedang berada di kosan teman saya . Saya menghubungi nomor pemesanannya , setelah terhubung karyawan disana menjawab dan menanyakan pesanan saya . Kemudian saya menyebutkan pesanannya dan karyawan tersebut menanyakan alamat pengiriman , saya sebutkan alamatnya tapi karyawan itu tidak tahu dan menanyakan alamat yang lebih detailnya , saya sebutkan alamat dengan lebih detail tetapi entah dengan alasan apa karyawan m*d langsung mematikan sambungan telepon padahal saya sedang berbicara . saya bingung kenapa karyawan tersebut memutus sambungan telepon padahal sinyal teleponnya bagus dan suara saya juga terdengar jelas saat menelepon. Karena tidak puas dan ingin mengkomplain saya menelepon kembali , tetapi tidak diangkat oleh karyawan tersebut. Saya merasa kesal dan memutuskan untuk tidak jadi memesan makanan.

  1. Teori :

Konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.

  1. Analisis :

Dari kasus yang saya alami sangat disayangkan masalah tersebut bisa terjadi , padahal perusahaan makanan cepat saji itu terbilang besar dan sudah sangat terkenal . Sikap karyawan yang langsung menutup telepon sangat tidak sopan dan tentu merugikan perusahaan dan konsumen . Dan saat saya ingin mengkomplain atas perilaku karyawan m*d yang tidak menyenangkan malah tidak diangkat , hal ini tentu dapat mengakibatkan citra buruk pada perusahaan makanan cepat saji tersebut. Secara etika bisnis jelas sekali melanggar, pelayanan yang diberikan karyawan tersebut telah melanggar aturan dan tidak seharusnya dilakukan karena hal tersebut bisa membawa pengaruh negatif bagi perusahaan itu sendiri meskipun saya yakin tidak semua karyawan disana yang seperti itu . Solusi dari masalah ini adalah seharusnya perusahaan lebih selektif dalam memilih karyawan dan sering memantau bagaimana kinerja karyawannya agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi karena kepuasan konsumen sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan itu sendiri . Semoga kedepannya perusahaan ini tidak hanya memperhatikan konsumen yang datang langsung kesana tetapi juga memperhatikan konsumen yang memesan makanan secara tidak langsung (delivery order ).

  1. Refrensi : http://id.wikipedia.org/wiki/konflik

http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis

Tinggalkan Balasan

