Tugas 5 : Pelanggaran Iklan

Standar
  1. Kasus :

Iklan obat sakit kepala Bodr*x dimana ada adegan sepasang suami istri yang sedang berada di dapur , sang istri sedang memasak dan suaminya mencuci piring. Dalam iklan ini ada adegan kekerasan ringan yang dilakukan oleh si istri kepada suaminya , yaitu sang istri memerintahkan suaminya untuk mencuci piring dengan memukul bagian kepala belakang sang suami dengan cukup keras secara berulang-ulang.

  1. Teori :

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan melalui media televisi.

  1. Analisis :

Dari kasus diatas , menurut saya iklan tersebut sudah mengandung unsur kekerasan secara tidak langsung dimana sang istri memukul bagian kepala belakang suaminya hanya untuk menyuruhnya mencuci piring . Hal ini tentu tidak bisa dibenerakan , karena unsur kekerasan yang diperlihatkan di iklan tersebut seakan-akan mengabaikan dampak yang dapat ditimbulkan dari adegan kekerasan yang tentu sangat bisa ditiru oleh masyarakat yang menonton khususnya anak-anak. Walaupun saya yakin , pihak iklan obat sakit kepala tersebut bermaksud untuk menarik minat penonton televisi dengan menampilakan adegan yang mereka anggap lucu dimana sang suami sangat takut kepada istrinya. Teapi, alangkah baiknya pihak-pihak yang ingin menampilkan iklan mengkaji ulang apa yang ingin mereka tampilkan dan tetap memperhatikan norma-norma serta etika periklanan yang ada agar menghasilkan tontonan yang layak serta baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat khususnya anak-anak .

      4. Refrensi : Media Iklan Di Televisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s